Rabu, Oktober 21, 2009

Apa Itu Internet ?

Bila kita mau membandingkan lalu lintas mana yang paling sibuk antara darat, udara, laut atau dunia maya. Maka jawabannya adalah lalu lintas dunia maya. Sementara lalu lintas lain masih bisa dihitung dengan mengunakan kalkulator kehadiran per detiknya untuk dunia maya jumlah digit kalkulator akan menunjukan error saat melakukan perhitungan terhadap lalu lintas dunia maya.


Hal tersebut terjadi karena semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya internet diseluruh duni. Mungkin artikel ini terbilang terlambat untuk diterbitkan atau merupakan artikel yang sudah basi. Namun saya yakin masih ada diantara kita yang memang baru memulai bergabung dengan dunia yang penuh inovasi ini. Untuk itu artikel ini saya persembahkan untuk anda yang memang ingin menambah wawasan tentang internet. Tapi bukan berarti saya mengurui karena saya sendiri masih harus banyak belajar pada yang sudah lama baurekso di dunia maya ini.

Mari kita mulai mengenal internet.

Saat ini sudah banyak perusahan, usaha pertokoan, lembaga pemerintah atau pribadi-pribadi memiliki akses ke Internet. Pertanyaannya, mengapa mereka mau memiliki akses menuju internet tersebut ?
Jawabannya sangat mudah, dengan melalui internet kita lebih mudah untuk melakukan segala bentuk penyampaian informasi baik itu promosi atau info lainnya. Karena cakupan internet tidak terbatas tidak ada kategori khusus siapa yang boleh membuka akses ke internet. Setiap manusia yang merasa masih hidup berhak dan diperbolehkan membuka internet.

Nah sekarang mari kita telusuri tentang internet.

Apa itu internet ?
Internet adalah suatu kumpulan komputger yang saling berkomunikasi melalui suatu standar komunikasi yang sudah diatur sedekian rupa.

Secara tehnis, Internet adalah Internasional Networking yang merupakan dua komputer atau lebih yagn saling berhubungan dan membetuk sebuah jaringan hingga jutaan komuter di seluruh dunia, berinteraksi langsung dan saling memberikan informasi.
dan dalam pengertian lain Internet juga bisa merupakan perpustakaan digital yang didalamnya terdapat jutaan bahkan miliaran informasi atau data dalam berbagai bentuk baik itu gambar, teks, suara atau animasi tentunya dalam bentuk elektronik. Dengan demikian kita bisa simpulkan arti Internet adalah sebuah sarana pengefektifan dan pengefesienan pertukaran informasi tanpa batas.

Perjalanan sejarah ditemukannya Internet sangatlah panjang hingga bertahun-tahun lamanya. Namun kali ini saya akan membuat ringkasannya saja mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan anda tentang internet.

Bermula dari ditemukannya Telegraph dan kode morse tahun 1836 yang patennya dipegang oleh Cooke dan Wheatstone, manusia mulai mengenal alat penghubung selain dari pada berkirim surat secara konvensional yang mungkin kala itu harus diantar oleh seorang messenger dengan mengunakan alat transportasi seperti kuda dan lainnya.

Kemudian berkembang setelah ditemukannya kabel di tahun 1858-1866, hal ini memungkinkan adanya komunikasi yang lebih luas karena kabel merupakan komponen yang penting saat itu dalam berkomunikasi sebelum adanya wireless.

Tahun 1876 telpon ditemukan. Dan yang menemukannya pasti sudah anda ketahui. ya benar...Alexander Graham Bell. Nah dalam perkembangannya saluran telpon merupakan sarana utama penghubung internet. Setelah komputer muncul kemudian diciptakan modem.

Nah untuk informasi komputer kapan komputer pertama didunia ditemukan dan siapa yang merancang saya belum bisa memastikan karena ada beberapa yang memberikan referanci namun kesemuannya berbeda. Nah untuk kebutuhan artikel ini saya masukkan 3 informasi tentang komputer.

Pertama adalah Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. dan setelah itu dia banyak mengembangkan ilmunya untuk dunia komputer salah satunya ada tahun 1821-1832 Babbage menciptakan tabel matematika pertama yang diberi nama Difference Engine.

Kedua adalah ENIAC, kependekan dari Electronic Numerical Integrator And Computer adalah perangkat elektronik digital pertama yang bekerja sebagai komputer. Perangkat ini selesai dibuat oleh Angkatan bersenjata Amerika Serikat pada tahun 1945 dan diumumkan ke publik di tahun 1946. Ketika itu, komputer tersebut ditujukan untuk menghitung arah dan jarak tembak rudal balistik di Perang Dunia ke II.

Ketiga adalah ACM, singkatan dari Association for Computing Machinery (Asosiasi untuk Permesinan Komputer), adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947. Anggota ACM sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia bermarkas besari di Kota New York.

Sedang untuk modem informasi yang saya dapat tidak banyak tapi yang penting ada sebuah referenci yang akan saya muat. Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang.

Dari rangkaian penemuan tersebut diatas dalam perjalanannya yang melalui berbagai percobaan akhirnya kita bisa menikmati layanan internet dan bisa berhubungan dengan dulia diluar jangkauan kita tanpa batas tuang dan waktu.

Dalam perkembagannya internet kini telah menjadi sarana nomor wahid dari berbagai kegiatan perekonomian dan hubungan lain di dunia.

Saya rasa cukup ini dulu saya bercerita. Nanti saya lanjut lagi di tulisan perihal internet dan lainnya.

terima kasih semoga bermanfaat.




3 komentar:

candradot.com mengatakan...

tidak ada kata terlambar untuk memahami internet. betul apa betul..?

candradot.com mengatakan...

hahahha salah ketik,
"terlambat" maksudnya

Ka See Noer mengatakan...

alhamdulillah ada yang paham juga...
tx bro...

BARA @PI Headline Animator

My Headlines

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Motivasi Hari Ini

Pilihan

Terjemahkan

Powered By Blogger
Check PageRank Arts (Blogs) - TOP.ORG Cell Phone Info http://Link-exchange.comxa.com Blog Tutorial Indonesian Blogger TopOfBlogs Personal Blogs Personal Add to Google Reader or Homepage BandungTopBlog.com RANKING WEBLOGS INDONESIA Subscribe to updates GrowUrl.com - growing your website

Sohib-sohib ku

Banner Sohib

  • Wanderer' Blog
  • >
  • Photobucket
  • Powered by BannerFans.com
  • BLOG SHARING INTERNET
  • Lencana Facebook

    Rekening Online

    Bisnis ku

    Dollar...Dollar...Dollar...

    Ini Juga Bisa

    CO.CC:Free Domain

    Atau Disini..!!!

    Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic

    Masukan Email Anda:

    Delivered by FeedBurner

    Cari Blog Ini

    Arsip Blog

    Kategori

    alam semesta (3) Allah (2) as (1) Azab (1) bencana (5) berita (2) biadab (1) bisnis online (5) candoleng-doleng (1) detik.com (3) gagal (2) gay (1) gempa (5) hidup (1) iman (1) inspirasi (5) internet (5) islam (1) kpk (2) manusia (7) motivasi (19) Muhammdad SAW (2) Mukjizat (2) opera (1) padang (1) pariaman (1) Pendidikan (3) Politik (21) religi (8) Renungan (3) seni dan budaya (7) serba gratis (3)

    Subscribe via email


    ShoutMix chat widget
  • free counters
  • FEEDJIT Live Traffic Feed

    Tukeran Yuk...


    Image and video hosting by TinyPic

    Musik Ku